MagzNetwork

Kesimpangsiuran mengenai jadwal Ujian Nasional 2009 akhirnya terjawab. Banyaknya isu tentang akan dimajukannya pelaksanaan UN tahun ini memang banyak meresahkan masyarakat.
Sementara itu,Ketua BSNP Djemari Mardapi membantah isu yang menyebutkan penyelenggaraan UN akan dimajukan menjadi sekitar Februari 2009.Menurut dia, sebagaimana dikutip SINDO, pemerintah hanya berencana menyelenggarakan uji coba pelaksanaan UN bagi siswa SMP sederajat dan SMA sederajat (23/09).

Pada kesempatan yang sama Mardapi juga menjanjikan pada awal Oktober sudah akan diumumkan jadwal pelaksanaan UNAS. Namun, sampai pekan kemarin jadwal yang dijanjikan belum juga diumumkan. Molornya keluarnya pengumuman ini, ujung-ujungnya juga menambah spekulasi soal jadwal UN 2009.
Bahkan, dalam kesempatan terakhir di kunjungannya ke Malang (13/10), Mendiknas juga belum bisa memberikan kepastian soal ini..
“Tidak benar kalau UN dimajukan sekitar Februari. Guru dan siswa tidak usah resah karena UN dilaksanakan dengan memperhitungkan semua materi harus sudah selesai,” kata Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Djemari Mardapi sebagaimana dikutip Kompas (16/10).
Depdiknas memastikan UN siswa SMP dan SMA/SMK tahun ajaran 2008/2009 dilaksanakan usai pemilihan umum.
“Kemungkinan tetap seperti tahun lalu. Yang mungkin bisa berubah ada permintaan supaya satu hari hanya satu mata pelajaran saja,” kata Djemari.
Tak lama setelah diwawancarai pengumuman jadwal UN 2009 akhirnya dimunculkan di situs Depdiknas.go.id
Pengumuman yang dikeluarkan tertanggal 16 Oktober itu nampaknya memang belum banyak diketahui masyarakat. Terlebih, situs resmi Dirjen Dikdasmen (www.dikdasmen.org) juga tak dapat diakses sampai saat berita ini diturunkan.
Dilansir dalam pengumuman tersebut, bahwa berdasarkan kesepakatan bersama (BSNP, Depdiknas, dan Depag) diputuskan jadwal Ujian Nasional 2009 sebagai berikut :
- SMA/MA (20 - 24 April 2009)
- SMK/SMALB (20 - 22 April 2009)
- SMP/Mts (27 - 30 April 2009)
- SD/MI (12 - 14 Mei 2009)
sumber www.depdiknas.go.id