MagzNetwork

Pada POPWIL kali ini Jawa Timur (Jatim) berupaya mengukuhkan diri sebagai provinsi yang paling berhasil dalam pembinaan olahraga. Setelah sukses menjadi juara umum PON XVII Kaltim, kini para pembina olahraga Jatim mencanangkan target yang sama untuk sektor junior. Atlet-atlet muda itu dituntut mampu meraih juara umum pada Pekan Olahraga Wilayah (Popwil) IV di Kendari, 20-26 November 2008.

Hal tersebut ditegaskan oleh Ali Sa'roni, komandan kontingen Jatim di popwil, kemarin (17/11). "Dua tahun lalu, Jatim berhasil juara, bahkan diteruskan dengan menjadi juara Popnas IX 2007. Peta kekuatan daerah pasti banyak berubah. Tapi, saya optimistis kita tetap bisa juara," paparnya.


Popwil akan mempertandingkan delapan cabang olahraga (cabor) yang sekaligus menjadi ajang kualifikasi Popnas X tahun depan. Di antaranya, sepak bola, basket, voli indoor, sepak takraw, tenis meja, bulu tangkis, dan tenis lapangan. Berarti, jika ada cabor yang gagal juara di popwil, sangat mungkin cabor tersebut tidak bisa terjun di popnas nanti.

Sebanyak tujuh provinsi yang tergabung di wilayah IV yakni, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur akan bertarung di delapan cabor. "Ada delapan cabor yang dipertandingkan yakni bola basket, bola voli, sepak takraw, sepak bola, bulutangkis, tenis meja, silat dan tenis lapangan.
''Ini memang target yang berat. Tapi, kami yakin bisa mewujudkannya. Sebab, kami lihat hasil popda lalu cukup memuaskan dan banyak memunculkan atlet baru yang berkualitas," kata pria yang juga menjabat sebagai kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jatim tersebut.


Untuk cabang bola basket putra dan putri memperoleh medali emas, sekaligus jawa timur sebagai juara umum. Yang menggembirakan adalah bahwa pelatih Bola Basket tim putri adalah “Mas Catur Agung” yang tidak asing lagi bagi ABBASMANIA dari SMPN 16 Malang. Menurut Mas Catur tim Jatim memang cukup tangguh dibandingkan daerah lain. Oke selamat Mas Catur, hhhhhhhh. Untuk bonus nya dari Dinas Pendidikan apa ya kira-kira, ya kita tunggu saja.