MagzNetwork

MALANG - Diknas Kota Malang mulai menjadwalkan ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK) Paket A (setara SD), B (setara SMP), dan C (setara SMA). Meski jadwal masih belum resmi, diknas yakin tidak akan ada perubahan.

Kabid Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Diknas Kota Malang Ratnawati mengatakan, ujian paket itu dilakukan dua periode. Untuk Paket A periode 1 dilakukan 1-3 Juli dan periode 2 pada 18-20 November. Paket B dan C periode 1 digelar 23-26 Juni dan periode 2 dilaksanakan 10 -13 November. "Tapi kami tidak tahu apa masih ada perubahan atau tidak," jelas dia.
Apakah jadwal ini juga untuk siswa yang tidak lulus ujian nasional (UN)? Ratna mengaku masih belum tahu, tetapi jadwal ini dibuat untuk siswa paket regular yang selama ini telah mengikuti proses belajar mengajar. Namun, berdasarkan tahun lalu, ujian paket itu disamakan antar yang regular dan siswa yag tidak lulus UN.
Menurut dia, mata pelajaran yang akan diujikan untuk Paket A meliputi PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika IPA, dan IPS. Lalu untuk Paket B meliputi, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan Bahasa Inggris. Sedangkan Paket C IPA meliputi PPKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi. Untuk Paket C IPS meliputi PPKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Geografi dan Sosiologi.
Sementara, Kadiknas Kota Malang Shofwan juga masih belum mengetahui ada tidaknya perubahan jadwal kelulusan UN untuk SMA/SMK yang sedianya dijadwalkan 13 Juni nanti. "Nanti kalau ada info saya beritahu," katanya. (lid/war)